bobotoh di Piala Presiden 2018Walau Persija Jakarta merupakan pemenang dalam Piala Presiden 2018, namun yang menjadi Suporter Terbaik adalah superter Persib Bandung, atau yang biasa disebut Bobotoh. Dengan kemenangan tersebut, mereka berhak mendapatkan hadiah uang dalam kompetisi sepakbola Indonesia tersebut.

Piala Presiden 2018 memang menyita perhatiaan beberapa waktu belakangan ini. Sebagai sang juara, Persija Jakarta tampil memuaskan setelah memukul mundur Bali United di laga final, pada Sabtu (17/2) malam kemarin. Namun, untuk urusan suporter Terbaik, Persib Bandung-lah yang jadi pemenangnya.

Padahal sebelumnya, Jakmania atau Semeton Dewata yang diprediksi sebagai pemenangnya. Pasalnya, dua klub tersebut sukses masuk ke babak final. Akan tetapi, Bobotoh Bandung dinilai paling pantas mendapatkan hadiah tersebut.

Ketua Steering Commite (SC) kompetisi sepakbola Indonesia, yakni Maruarar Sirait, menjelaskan jika pemilihan Bobotoh Bandung sebagai suporter terbaik memang cukup mengejutkan, pasalnya para supoerter Persib Bandung ini sudah mendapatkan sua kali hukuman ketidakdisiplinan.

Menurut Maruarar, sejatinya ada tiga kelompok yang menjadi kandidat di musim ini, yakni Persebaya Surabaya, Persib Bandung dan Arema FC. Namun, kala Persib gagal, kala itu para puluhan ribu fans mereka tetap tenang dan tertib. Itu yang membuat tim akhirnya memilih mereka. Apalagi, di musim yang lalu, tepatnya di tahun 2015, mereka juga pernah mendapatkan gelar yang sama.

Keputusan tersebut memang menciptakan pro dan kontra. Akan tetapi, secara tegas, dirinya mengatakan ini resmi sebagai pilihan netral dan melibatkan semua panitia dalam penilaiannya. Sebagai suporter terbaik dalam Piala Presiden 2018 ini, Bobotoh Badung mendapatkan hadiah uang sebesar Rp100 juta.