Iran Tim Asia Pertama Yang Lolos Ke Piala Dunia 2018

iran - kualifikasi piala dunia 2018

Iran jadi negara kedua sekaligus yang pertama dari Asia, yang berhasil maju ke Piala Dunia 2018. Iran sukses memastikan langkahnya setelah menang 2-0 kontra Uzbekistan.

Dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Azadi Stadium, Senin (12/6/2017) kemarin malam, Iran berhasil menang 2-0 atas lawannya itu. Gol-gol kemenangan Iran masing-masing diciptakan oleh Sardar Azmoun dan Mehdi Taremi.

Hasil positif itu membuat Iran membukukan 20 poin dari 6 laga terlewati, sejauh ini mereka berpeluang finis sebagai pemuncak dan bisa saja sebagai runner-up Grup A Kualifikasi Ketiga Piala Dunia 2018, mengingat masih ada 2 laga sisa lainnya. Dalam paruh kualifikasi ketiga ini, dua kesebelasan di peringkat teratas grup akan dipastikan lolos, sedangkan peringakt 3 nantinya akan melakoni babak play-off.

Sejatinya ini merupakan kedua kalinya secara beruntun Iran berhasil melangkah ke babak final Piala Dunia, usai sebelumnya mereka juga turut berpatisipasi dalam Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil. Hingga sekarang, ini merupakan ke-5 kalinya Iran maju ke putaran final.

Keberhasilan Iran maju ke Piala Dunia 2018 pun tak lepas dari sosok pelatih Carlos Queiroz. Esk asisten manajer Manchester United serta manajer Timnas Portugal itu membawa Iran meningkat di kancah dunia. Queiroz sendiri dipercaya untuk membesut Iran sedari 2011 silam.

Bagi Queiroz, ini merupakan keempat kalinya dia berhasil membawa tim bertandingan dalam babak final Piala Dunia. Sebelumnya ia sukses mengantarkan Afrika Selatan tampil di Piala Dunia 2002, Portugal di 2010, serta Iran di 2014.

Di samping itu, Iran merupakan negara kedua yang berhasil memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, sebelumnya sudah ada Brasil yang lebih dulu memastikan diri ikutserta dalam turnamen dunia itu.

Tags:

Related Posts

Comments are closed.