‘Juara Liga Europa 2016/2017 Berhak Lolos Ke Fase Grup Liga Champions’

 

liga europa

Perduelan final Liga Europa musim ini akan memberikan kans untuk langsung lolos ke putaran fase grup Liga Champions 2017/2018. Biasanya, sang juara di turnamen tersebut cuma akan lolos ke fase play-off saja namun kali ini berbeda.

Berawal dari 2014/2015, pemuncak Liga Europa berhak memperoleh tempat di Liga Champions musim selanjutnya meskipun harus dimuali dari fase play-off. Hal ini berarti, masih ada potensi untuk langsung tersingkir di putaran tersebut alhasil gagal masuk ke putaran grup.

Namun, di musim ini kedua finalis antara Manchester United dan Ajax Amsterdam bakal mendapat kesempatan lebih baik dengan langsung bermain di putaran grup Liga Champions 2017/2018 apbila berhasil memenangi laga final, Kamis (25/5/2017) nanti.

Tentu saja hal ini memberikan keuntungan tambahan bagi kedua kesebelasan, apalagi mengingat Manchester United yang finis peringkat 6 di liga hanya bisa memperoleh tiket Liga Europa musim depan, sedangkan Ajax Amsterdam menempati peringkat 2 klasemen Eredivisie dan telah mengantongi tiket kualifikasi Liga Champions.

Lalu apa yang menjadi alasan dibalik perubahan ini? Rupanya hal ini berhubungan erat dengan profil kedua finalis di Liga Champions musim ini, yaitu antara Real Madrid dengan Juventus.

Berdasrkan yang dilansir dari situs resmi UEFA, juara Liga Europa bakal melaju ke Liga Champions musim selanjutnya melalui babak play-off, namun apabila mereka telah mengamankan tiket putaran grup lewat finis di liga domestik atau finalis yang memuncaki Liga Champions sudah meamstikan diri lolos ke fase grup turnamen itu di musim selanjutnya lewat finisnya di liga domestik, ‘memberikan jatah tambahan untuk tim juara Liga Europa alhasil berhak langsung maju ke putaran grup’.

Sejauh ini, Real Madrid (Spanyol) dengan Juventus (Italia) sendiri berhasil memuncaki liga masing-masing, alhasil mereka sudah mengamankan 1 posisi di putaran grup Liga Champions 2017/2018. Jadi pemuncak Liga Europa musim ini bakal memperoleh jatah tambahan dengan langsung lolos ke putaran grup Liga Champions musim selanjutnya.

• Kalau Manchester United juara Liga Europa 2016/2017 alhasil Inggris bakal memiliki 5 kursi di Liga Champions musim depan, lantaran The Red Devils finis di luar posisi 4 besar.

• Dikarenakan Ajax Amsterdam telah finis sebagai runner-up dan berhak atas tiket kualifikasi Liga Champions lewat liga domestiknya, Belanda takkan memperoleh jatah tambahan kalau Ajax memuncaki Liga Europa musim ini.

Tags:

Related Posts

Comments are closed.