Klub Papan Bawah Swedia Ikut Kecipratan Uang Pejualan Lindelof Ke MU

Liga Inggris

Klub papan bawah Swedia, Vasteras mendapat berkah berkat transfer Victor Lindelof dari Benfica ke Manchester United. Ikut memperoleh uang jatah penjualan Lindelof, Vasteras pun bisa melunasi hutang-hutangnya.

Manchester United dikabarkan merekrut bek berusia 22 tahun itu dengan nilai sekitar 35 juta euro, atau sekitar Rp 520 miliar. Vasteras, yang merupakan klub pertama Lindelof berhak memperoleh jatah sekitar 5 juta euro, atau sekitar Rp 74 miliar dari nilai transfer tersebut setelah menyelesaikan sengketa dengan Benfica.

Ditilik ke belakang, Vasteras menjual Lindelof ke Benfica pada 2011 dengan kepindahan pemain tim nasional Swedia itu terjadi pada musim panas berikutnya. Guardian, dalam laporan terperinci mengenai sengketa transfer itu, menyebut kedua klub sepakat dengan nilai nominal transfer sebesar 60 ribu euro dengan sejumlah klausul menyertai kesepakatan tersebut.

Akan tetapi, Benfica kemudian punya pendapat lain bahwa kesepakatan tersebut, termasuk pembayaran 250 ribu euro setelah Lindelof membuat 10 start untuk tim inti, sudah tidak lagi berlaku setelah pemain bersangkutan menandatangani kontrak baru pada 2015.

Vasteras yang merasa dirugikan pun langsung melapor ke FIFA. Klub Swedia yang bermarkas di stadion dengan kapasitas 7 ribu orang dan main di divisi tiga itu merasa berhak memperoleh 20% dari transfer Lindelof di masa depan. Daily Mirror mengklaim persoalan ini turut membuat MU gagal menyelesaikan kesepakatan transfer terkait Lindelof pada bulan Januari silam.

Menurut kabar yang dikeluarkan oleh harian Swedia, Aftonbladet, pada musim dingin lalu akhirnya terjalin kesepakatan bahwa Vasteras akan memperoleh 3 juta euro terlepas dari apakah Lindelof akan dijual, plus tambahan 2 juta euro jika pemain bersangkutan benar-benar dijual Benfica.

Dengan Lindelof kini sudah dekat dengan kepindahan sepenuhnya ke MU, Vasteras pun semakin dekat dengan uang jatahnya. Rencananya uang itu akan dipakai untuk melunasi hutang-hutang klub, apalagi menurut peraturan Swedia hal itu sudah membuat mereka tidak bisa naik kelas.

“Saya tidak akan berbicara mengenai angka persisnya, tapi tentu saja ada perasaan bahagia yang dirasakan oleh klub, dan juga bagus untuk Victor. Ada banyak orang yang tahu soal kesepakatan ini, jadi tidak akan ada perubahan besar ketika transfer itu kini sedang diselesaikan” kata Direktur Vasteras Michael Campese.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.