Menang 2-0 atas Monaco, Buffon Catat 100 Laga di Liga Champions

Gianluigi Buffon menjadi kiper Italia yang sukses mencatatkan laga ke-100 dipentas tertinggi benua Eropa berwujud Liga Champions. Kepastian ini didapat oleh Buffon usai menghadapi AS Monaco dilanjutan leg pertama dan rekor ini sekaligus sejajar dengan catatan manis legenda AC Milan, Paolo Maldini.

Buffon mendarat ke Juventus sejak 2001 dari Parma. Sepanjang karir kiper berusia 39 tahun tersebut pernah merasakan tujuh gelar Serie A dan gelar domestik lainnya. Yang menarik disini ketika Buffon tak sekalipun menjuarai Liga Champions walaupun sudah sempat merasakan partai final sebanyak dua kali yang terjadi pada musim 2003 dan 2015.

Nama Maldini sendiri sudah lebih dulu tercatat dalam buku rekor Liga Champions, sang bek pernah mencatatkan 100 penampilan di Liga Champions bersama satu tim. Sepanjang perjalanan karir sepakbolanya, Maldini hanya cinta kepada AC Milan. Sampai pada akhirnya Maldini mencatatkan penampilan ke-106 di Liga Champions.

Buffon pun muncul sebagai penantang kuat Maldini dalam catatan rekor bermain dalam kategori pemain kelahiran Italia. Hal ini mungkin saja terjadi karena Buffon masih aktif bermain dan sang kiper pun belum ada pikiran untuk gantung sepatu didua musim ke depan.

“Buffon merupakan pemain internasional Italia kedua yang telah mencatatkan laga ke-100 di Liga Champions untuk tim yang sama setelah Paolo Maldini di AC Milan,” demikian tulisan yang dirilis dari tim riset sepakbola Eropa.

Buffon musim ini masih menyisahkan dua laga lagi, dimana yang pertama terjadi pada leg kedua babak semi final menghadapi AS Monaco pekan depan. Dan jika dirinya berhasil menang, maka Buffon akan berkesempatan main di Final yang akan digelar di Cardiff pada bulan Juni mendatang.

Menghadapi Monaco dileg kedua tengah pekan depan, Juventus sudah menapaki satu kaki lebih dulu karena unggul agregat 2-0 berkat Gonzalo Higuain. Dengan demikian, Juventus berpeluang mengakhiri musim ini untuk menjuarai gelar tertinggi benua Eropa tersebut. Juventus sendiri kemungkinan besar akan bertemu Real Madrid di final nanti sebagaimana Cristiano Ronaldo cs sudah unggul agregat 3-0 dari Atletico Madrid.

Tags:

Related Posts

Comments are closed.