Sepakbola China Buat Messi Terkesan

Liga Spanyol

Lionel MessiPenyerang andalan Barcelona, Lionel Messi memberikan pendapatnya mengenai sepakbola di negara China. Menurut Messi, sepakbola sudah berkembang di negara tirai bambu sejak beberapa tahun terakhir.

Belum lama ini Messi berada di China untuk mempromosikan taman rekreasi Messi Experience Park (MEP) yang akan dibuka di Nanjing pada awal 2019 mendatang. Selama bertolak di China, pemain 30 tahun itu juga berbicara mengenai perkembangan sepakbola di sana.

Messi mengungkapkannya secara langsung kepada ESPN China. Namun, apa yang Messi ketahui soal sepakbola China baru berdasarkan cerita dari rekannya di tim nasional Argentina, Ezequiel Lavezzi, yang sekarang sedang memperkuat Hebei China Fortune FC di Liga Super China.

“Kami banyak membicarakan mengenai gaya hidup dan sepakbola di China. Ada banyak dari kami yang berkomentar soal perubahan dan bagaimana Ezequiel Lavezzi menjalani kehidupan dan seperti apa rasanya bermain di liga China,” kata Lionel Messi seperti yang dilansir dari ESPN.

“Saya kira Liga China sudah banyak mengalami perkembangsan sejak beberapa tahun terakhir, dan sudah memberikan dampak besar untuk dunia sepakbola, ini menunjukkan sesuatu yang penting,” sambung Messi.

Lionel Messi juga menjelaskan bahwa selama ini dia sudah sering berkunjung China. Salah satunya saat tur pramusim bersama Barcelona di tahun 2013. Namun, setiap berkunjung ke negara yang terkenal dengan binatang panda nya itu, dia tak pernah punya waktu untuk mengenal lebih jauh sepakbola China.

“Saya sudah beberapa kali berkunjung ke sini dan saya biasanya hanya berada di sini selama beberapa hari. Kami datang untuk bermain dan berlatih dan saya tidak punya banyak kesempatan untuk mengenal daerah sekitar, namun dari apa yang saya lihat, negeri ini sudah membuat saya terkesan,” tutupnya.

Lavezzi bukan satu-satunya pemain sepakbola papan atas yang berkarier di China. Sejauh ini ada Carlos Tevez (Shanghai Shenhua F.C), Oscar (Shanghai SIPG), Ramirez (Jiangsu Suning), Alexandre Pato (Tianjin Quanjian FC), dan pelatih Andre Villas-Boas (Shanghai SIPG) yang juga tengah bermain di China.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.