Timur Tengah Memanas, FIFA Yakin Bisa Gelar Piala Dunia 2022 Di Qatar

Bola Dunia

FIFA QatarFIFA akhirnya angkat bicara mengenai nasib Piala Dunia 2022 yang rencananya akan diselenggarakan di Qatar menyusul krisis politik yang terjadi di Timur Tengah. Presiden FIFA, Gianni Infantino menegaskan event sepakbola empat tahunan itu bakal jalan terus.

Qatar saat ini sedang dikucilkan oleh negara-negara Timur Tengah lainnya. Arab Saudi, Bahrain, Mesir, Uni Emirat Arab, Yaman, Libya, dan Maladewa memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dengan tudingan Qatar telah mendukung aksi terorisme.

Imbas dari pemutusan hubungan itu berpengaruh di banyak hal. Salah satunya juga mengancam penyelenggaraan Piala Dunia 2022, di mana Qatar akan berstatus sebagai tuan rumah.

FIFA akhirnya angkat bicara untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dalam sesi wawancara dengan media Swiss, Infantino mengatakan jika Piala Dunia 2022 masih sangat mungkin diselenggarakan di Qatar.

“Tidak. Saya tidak akan berspekulasi dengan persoalan apapun dan kali ini juga tidak akan melakukannya. Kepentingan saya hanyalah soal sepakbola, saya tidak akan ikut campur dengan masalah politik di negara manapun,” kata Presiden FIFA, Gianni Infantino.

“Kita memang sedang ada dalam krisis politik. Tapi di sisi lain, saya yakin permasalahan di Timur Tengah bisa segera mereda. Piala Dunia digelar pada 2022, itu masih lima tahun lagi. Tentu saja kalau sepakbola bisa memberi kontribusi kecil, dengan cara apapun dan untuk kebaikan, saya tidak akan ragu memberi bantuan,” lanjut Gianni Infantino.

Imbas dari perang dingin ini terjadi ketika UEA akan menghadapi Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia, Selasa (13 Juni 2017) besok. Laga itu awalnya akan dipimpin wasit asal Qatar, tapi FIFA sudah menggantinya.

“Kami bisa memastikan kalau telah melakukan pergantian ofisial pertandingan yang asli untuk pertandingan. Keputusan itu diambil atas alasan olahraga dan situasi politik yang sedang terjadi,” jelas Gianni Infantino sambil mengakhiri pembicaraan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.